RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTsN Alue Lhok
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester :
IX/2
Materi
Pokok :
Pola Bilangan, Barisan Bilangan dan Deret
Waktu : 13×
40 menit
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4.
Mengolah, menyaji dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator
2.1 Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah sehari – hari yang merupakan pencerminan sikap positif melalui
pengalaman belajar.
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki
rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
2.2 Memiliki sikap
terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
6.1 Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat
prediksi.
6.1.1 Mengenal pola bilangan.
6.1.2 Ragam pola bilangan
6.1.3 Pola bilangan
segitiga Pascal.
6.2 Mengenal pola bilangan, barisan, deret dan semacamnya, dan
memperumumnya.
6.2.1 Pengertian barisan bilangan
6.2.2
Suku ke – n suatu barisan bilangan
6.3 Deret Aritmetika
6.3.1 Pengertian deret aritmetika, suku, dan beda
6.3.2 Rumus suku ke – n pada deret aritmetika
6.3.3 Suku tengah
6.3.4 Rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika
6.4 Deret Geometri
6.4.1 Pengertian deret geometri
6.4.2 Rumus suku ke – n pada deret geometri
6.4.3 Suku tengah pada deret geometri
6.4.4 Jumlah n
suku pertama deret geometri
6.4.5 Deret geometri turun tak hingga
6.5 Penerapan sifat – sifat deret
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan
dapat :
1.
Menjelaskan konsep pengertian pola bilangan.
2.
Menjelaskan ragam pola bilangan yang meliputi pola bilangan persegi, persegi panjang,
segitiga, dan segitiga pascal.
3.
Menjelaskan konsep pengertian barisan aritmetika dan geometri.
4.
Menjelaskan konsep menentukan rumus suku ke – n barisan aritmetika dan geometri
5.
Menjelaskan konsep pengertian deret aritmetika, suku dan beda.
6.
Menjelaskan konsep menentukan rumus suku ke – n dan suku tengah pada deret aritmetika.
7.
Menjelaskan konsep menentukan rumus jumlah n – suku pertama pada deret aritmetika.
8.
Menjelaskan konsep pengertian deret geometri dan rumus suku ke – n.
9.
Menjelaskan konsep menentukan rumus jumlah n – suku pertama pada deret geometri.
10.
Menjelaskan konsep menentukan jumlah deret geometri turun tak hingga.
D. Materi
Pembelajaran :
1.
Pengertian
pola bilangan
2.
Ragam pola bilangan yang meliputi
pola bilangan persegi, persegi panjang, segitiga, dan segitiga pascal.
3.
Pengertian barisan aritmetika dan geometri.
4.
Rumus suku ke – n
barisan aritmetika dan geometri
5.
Pengertian deret aritmetika, suku dan beda.
6.
Rumus suku ke – n
dan suku tengah pada deret aritmetika.
7.
Rumus jumlah n
– suku pertama pada deret aritmetika.
8.
Pengertian deret geometri dan rumus suku ke – n.
9.
Rumus jumlah n
– suku pertama pada deret geometri.
10.
Jumlah deret geometri turun tak hingga.
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
pembelajaran : Scientific
Metode
Pembelajaran : Diskusi, Tanya
Jawab, Penugasan
F.
Media, Alat, Sumber Pembelajaran
1.
Buku Matematika
SMP/MTS Jilid 3B, karangan M. Cholik Adinawan & Sugijono
2.
Buku-buku penunjang dari perpustakaan
G. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pertemuan
Pertama
|
||
Pendahuluan
|
·
Guru memberikan gambaran tentang pentingnya
memahami pola
bilangan.
·
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenal pola bilangan di kehidupan sehari-hari maupun dalam ilmu
pengetahuan.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
·
Guru menyampaikan kegunaan memahami pola bilangan.
·
Guru membagi kelompok heterogen, serta
meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
· Mencermati
bentuk pola bilangan dalam masalah
sehari- hari atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep.
· Mencermati
pola bilangan maupun disajikan dalam bentuk gambar.
Menanya
· Guru memotivasi,
mendorong kreatifitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan
menantang untuk didalami misal: bagaimana menentukan pola atau aturan tertentu dari
bilangan maupun gambar yang diberikan?
· Membahas dan diskusi
mempertanyakan berbagai pola bilangan misal: apa kelebihan dan manfaat mengubah masalah
sehari-hari berkaitan pola bilangan
Mengekplorasi
§
Membahas,
menjelaskan pengertian pola bilangan
§
Membahas,
menjelaskan, dan mendeskripsikan melalui contoh pola bilangan
§
Menggali
informasi tentang masalah sehari-hari yang dapat dinyatakan dalam
bentuk pola bilangan
Mengasosiasi
§
Menyelidiki,
menganalisis dan membedakan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau
fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan pola bilangan
Mengomunikasikan
§
Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok
§
Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
65 menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal mengenai pola bilangan. (Latihan 1 halaman 4 – 5).
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10
menit
|
Pertemuan
Kedua
|
||
Pendahuluan
|
·
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai ragam pola bilangan pola bilangan persegi, persegi
panjang, segitiga, dan segitiga pascal.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
·
Guru menyampaikan kegunaan memahami ragam pola bilangan pola bilangan persegi, persegi
panjang, segitiga, dan segitiga pascal.
·
Guru membagi kelompok heterogen serta
meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencermati bentuk ragam pola bilangan dalam masalah
sehari- hari atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep.
·
Mencermati ragam pola bilangan pola bilangan persegi, persegi panjang, segitiga, dan segitiga pascal.
Menanya
· Membahas dan diskusi
mempertanyakan berbagai bentuk pola bilangan: apa kelebihan dan manfaat mengubah
masalah sehari-hari berkaitan dengan bentuk ragam pola bilangan, bagaimana menentukan rumus pola bilangan yang meliputi bilangan persegi, persegi
panjang, segitiga, dan segitiga pascal?
Mengekplorasi
§
Menggali
informasi tentang masalah sehari-hari yang dapat dinyatakan melalui bentuk ragam
pola bilangan.
§
Membaca dan menjelaskan penggunaan ragam pola bilangan.
Mengasosiasi
§
Menyelidiki,
menganalisis dan membedakan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau
fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan ragam pola
bilangan.
Mengomunikasikan
·
Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami,
keterampilan pola bilangan yang meliputi bilangan persegi, persegi panjang, segitiga, dan segitiga pascal yang
dikuasai, contoh masalah yang diselesaikan dengan bahasa yang jelas,
sederhana, dan sistematis
·
Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
·
Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
105
menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal
mengenai ragam
pola bilangan (Latihan 2 dan 3 halaman 10 – 11 dan 16).
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10
menit
|
Pertemuan
Ketiga
|
||
Pendahuluan
|
·
Guru memberikan gambaran tentang barisan bilangan.
·
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
·
Guru menyampaikan kegunaan memahami barisan bilangan.
·
Guru membagi kelompok heterogen serta
meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencermati pengertian barisan bilangan dan jenisnya
yaitu barisan aritmetika dan barisan geometri.
·
Mencermati perbedaan barisan aritmetika dan barisan
geometri.
Menanya
· Guru memotivasi,
mendorong kreatifitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan
menantang untuk didalami misal: bagaimana membedakan barisan aritmetika dan barisan
geometri?
Mengekplorasi
§
Membahas,
menjelaskan, deskripsi konsep dari barisan bilangan
§
Membahas,
menjelaskan, dan mendeskripsikan barisan bilangan serta membedakan barisan aritmetika
dengan barisan geometri melalui contoh.
Mengasosiasi
§
Menganalisis
barisan bilangan serta membedakan barisan aritmetika dengan barisan
geometri
Mengomunikasikan
§
Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok
§
Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
65
menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal
mengenai barisan
bilangan serta membedakan barisan
aritmetika dengan barisan geometri (Latihan 4 dan 5 halaman 9 dan 25 – 26).
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10
menit
|
Pertemuan
Keempat
|
||
Pendahuluan
|
·
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai deret aritmetika.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
·
Guru menyampaikan kegunaan memahami materi deret aritmetika.
·
Guru membagi kelompok heterogen serta
meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencermati pengertian deret aritmetika,
suku dan beda,
·
Mencermati suku tengah, suku ke – n, dan jumlah n suku pertama pada deret aritmetika.
Menanya
· Menanya pengertian deret
aritmetika, suku dan beda.
· Menanya tentang proses bagaimana menetukan suku, beda, suku tengah,
suku ke – n, dan jumlah n suku pertama pada deret aritmetika.
Mengekplorasi
§
Membahas,
menjelaskan, dan mendeskripsikan melalui contoh menetukan suku dan beda pada
deret aritmetika.
§
Membahas,
menjelaskan, dan mendeskripsikan proses bagaimana
menetukan suku, beda, suku tengah, suku ke – n, dan jumlah n suku pertama pada deret aritmetika.
Mengasosiasi
§
Menganalisis tentang pengertian deret aritmetika, suku
dan beda.
§
Menganalisis proses bagaimana menetukan
suku, beda, suku tengah, suku ke – n, dan jumlah n suku pertama pada deret aritmetika.
Mengomunikasikan
·
Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami deret
aritmetika.
·
Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
·
Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
105
menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal mengenai
deret aritmetika (Latihan 6, 7, 8, 9 halaman 28, 31, 32 dan 36).
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10
menit
|
Pertemuan
Kelima
|
||
Pendahuluan
|
·
Guru memberikan gambaran tentang pentingnya
memahami deret
geometri.
·
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan
masalah.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
·
Guru menyampaikan kegunaan memahami tentang deret geometri.
·
Guru membagi kelompok heterogen serta
meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencermati pengertian deret geometri.
·
Mencermati suku tengah, suku ke – n, dan jumlah n suku pertama pada deret geometri.
Menanya
· Menanya tentang cara mengenal
deret geometri. Misal: bagaimana menetukan bahwa derte bilangan yang
diberikan adalah deret geometri?
· Menanya tentang bagaimana
menetukan suku tengah, suku ke – n, dan jumlah n suku pertama pada deret geometri.
Mengekplorasi
§
Membahas,
menjelaskan, deskripsi konsep pengertian deret geometri.
§
Membahas,
menjelaskan, dan mendeskripsikan melalui contoh tentang menetukan
suku tengah, suku ke – n, dan jumlah n suku pertama pada deret geometri.
Mengasosiasi
·
Menganalisis pengertian deret geometri
·
Menganalisis bagaimana cara menetukan suku tengah,
suku ke – n, dan jumlah n suku pertama pada deret geometri.
Mengomunikasikan
§
Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok
§
Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
65
menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal tentang deret geometri (Latihan 10, 11, 12 halaman 38 – 39, 41, 45)
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10
menit
|
Pertemuan
Keenam
|
||
Pendahuluan
|
·
Guru memberikan gambaran tentang pentingnya
memahami bentuk deret geometri turun
tak hingga dan penerapan sifat – sifat deret.
·
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan
masalah.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
·
Guru menyampaikan kegunaan memahami tentang bentuk deret geometri turun tak hingga dan penerapan
sifat – sifat deret.
·
Guru membagi kelompok heterogen serta
meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencermati bentuk deret geometri turun tak hingga.
·
Mencermati penerapan
sifat – sifat deret
Menanya
·
Menanya tentang bentuk deret geometri turun tak hingga. Misal: Diberikan deret: 16 + 8 + 4 + 2 +
.....apakah deret tersebut merupakan deret geometri turun tak hingga?
·
Menanyakan bagaimana penerapan
sifat – sifat deret untuk penyelesaian masalah sederhana dalam matematika
atau ilmu pengetahuan.
Mengekplorasi
§
Membahas,
menjelaskan, deskripsi konsep deret geometri turun tak hingga
§
Membahas,
menjelaskan, dan mendeskripsikan melalui contoh penerapan
sifat – sifat deret untuk penyelesaian masalah.
Mengasosiasi
·
Menganalisis cara menetukan deret geometri turun tak hingga.
·
Menganalisis penerapan sifat – sifat deret untuk penyelesaian masalah.
Mengomunikasikan
§
Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok
§
Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan tambahan
informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
65 menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal tentang deret geometri turun tak hingga dan penerapan sifat –
sifat deret. (Latihan 13, 14 halaman 48, 52 – 53)
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10 menit
|
H.
Penilaian
· Penilaian dilakukan selama kegiatan
pembelajaran yaitu Penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
· Instrumen penilaian Sikap,
pengetahuan, dan keterampilan terlampir.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran yang dilakukan .
b. Bekerjasama dalam
kegiatan kelompok.
c. Toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
d. Peduli dalam kegiatan
pembelajaran
e. Disiplin selama proses
pembelajaran
f. Jujur dalam menjawab
permasalahan yang diberikan
g. Tanggung jawab dalam
menyelesaikan tugas
|
Observasi
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
Menyelesaikan
soal yang relevan
|
Penugasan
|
Penyelesaian
kelompok
|
3.
|
Keterampilan
Terampil menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan bilangan bulat
|
Portofolio
|
Penyelesaian
kelompok
|
I.
Instrumen
Penilaian hasil Belajar
1.
Penilaian
Sikap : Observasi
2.
Penilaian
Pengetahuan : Penugasan
3.
Penilaian
Ketrampilan : Portofolio
1. LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Penilaian Observasi
Satuan Pendidikan :
MTsN Alue Lhok
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : IX / 1
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Waktu Pengamatan : Pada saat Pelaksanaan
pembelajaran.
Kompetensi dasar : 2.1. Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten,
Sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam
Perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan
Strategi menyelesaikan
masalah.
Indikator :
1. Aktif
2. Kerjasama
3. Toleran
Rubrik:
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
1.
Kurang baik jika menunjukkan
sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.
Cukup
jika menunjukkan ada sedikit usaha
ambil bagian dalam pembelajaran tetapi
belum ajeg/konsisten
3.
Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha ambil bagian dalam
pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
4.
Sangat baik jika menunjukkan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan
tugas kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.
Kurang baik jika sama
sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.
Cukup jika menunjukkan ada sedikit
usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.
Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok
tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4.
Sangat baik jika menunjukkan
adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok
secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator
sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.
Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
2.
Cukup
jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bersikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum
ajeg/konsisten
3.
Baik jika
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
4.
Sangat baik jika menunjukkansudah
ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda
dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan
tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
no
|
Nama siswa
|
Sikap
|
|||||||||||||||||||||||||||
Tanggung
Jawab
|
Jujur
|
Peduli
|
Kerja sama
|
santun
|
Percaya
diri
|
disiplin
|
|||||||||||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
K :
Kurang
C : Cukup
B : Baik
SB : Baik Sekali
2.
LEMBAR PENGAMATAN PENGETAHUAN
Penugasan
Satuan
Pendidikan : MTsN Alue Lhok
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas : IX
Kompetensi dasar
: 6.1 Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat
prediksi.
6.2 Mengenal
pola bilangan, barisan, deret dan semacamnya, dan memperumumnya.
6.3 Deret Aritmetika
6.4 Deret Geometri
6.5 Penerapan sifat – sifat deret
· Selesaikan
soal-soal Uji Kompetensi Bab 6 Pola Bilangan, Barisan Bilangan dan Deret halaman 56 – 58.
Rubrik Penilaian
No.
|
Kriteria
|
Kelompok
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip matematika
|
||||
2
|
Ketepatan memilih bahan
|
||||
3
|
Kreativitas
|
||||
4
|
Ketepatan
waktu pengumpulan tugas
|
||||
5
|
Kerapihan hasil
|
||||
Jumlah skor
|
Keterangan:4
= sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup baik, 1 = kurang baik
Nilai Perolehan =
Mengetahui , Alue Lhok, 2016
Kepala
MTsN Alue lhok Guru Mata Pelajaran matematika
( Drs. Muhammad Yunus. M. Pd) ( Herawati. S.Pd )
NIP.
196512311997031062 NIP.197904122005012003
0 komentar:
Posting Komentar