RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTsN Alue Lhok
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester :
IX/1
Materi
Pokok :
Bilangan Berpangkat dan Akar Bilangan
Waktu : 13×
40 menit
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4.
Mengolah, menyaji dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator
2.1 Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki
rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
2.2 Memiliki sikap
terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari
3.1 Memahami sifat – sifat bilangan berpangkat dan
bentuk akar dalam suatu permasalahan
3.1.1 Menjelaskan pengertian bilangan bulat yang
eksponennya positif, negatif, dan nol.
3.1.2 Mengubah pangkat
positif menjadi negatif dan sebaliknya
3.1.3 Mengenal arti
bilangan pecahan berpangkat dan menemukan hasilnya.
3.1.4 Mengubah arti
bilangan pecahan berpangkat dan menemukan hasilnya
3.1.4 Menghitung
pemangkatan dari akar suatu bilangan
3.2 Memahami operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat
bulat dan bentuk akar
3.2.1 Menyelesaikan hasil operasi kali, bagi,
tambah, kurang, dan pangkat suatu bilangan berpangkat tak sebenarnya
3.3 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari
berbagai permasalahan nyata
3.3.1 Merasionalkan penyebut pecahan yang
irrasional
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan pengertian bilangan bulat yang eksponennya
positif, negatif, dan nol.
2.
Mengubah pangkat positif menjadi negatif dan sebaliknya.
3.
Mengenal arti bilangan pecahan berpangkat dan menemukan
hasilnya.
4.
Mengubah arti bilangan pecahan berpangkat dan menemukan
hasilnya.
5.
Menghitung pemangkatan dari akar suatu bilangan
6.
Menyelesaikan hasil operasi kali, bagi, tambah, kurang,
dan pangkat suatu bilangan berpangkat tak sebenarnya.
7.
Merasionalkan penyebut pecahan yang irrasional.
D. Materi
Pembelajaran :
1.
Pengertian bilangan bulat yang eksponennya positif,
negatif, dan nol.
2.
Mengubah pangkat positif menjadi negatif dan sebaliknya
3.
Bilangan berpangkat pecahan
4.
Mengubah arti bilangan pecahan berpangkat.
5.
pemangkatan dari akar suatu bilangan
6.
operasi kali, bagi, tambah, kurang, dan pangkat suatu
bilangan berpangkat tak sebenarnya.
7.
Merasionalkan penyebut pecahan yang irrasional
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
pembelajaran : Scientific
Metode
Pembelajaran : Diskusi, Tanya
Jawab, Penugasan
F.
Media, Alat, Sumber Pembelajaran
1.
Buku Matematika
SMP/MTS Jilid 3A, karangan
M. Cholik Adinawan & Sugijono
2.
Buku-buku penunjang dari perpustakaan
G. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pertemuan
Pertama
|
||
Pendahuluan
|
·
Guru memberikan gambaran tentang pentingnya
memahami bilangan
berpangkat dan akar bilangan.
·
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai bilangan bulat yang eksponennya positif, negatif, dan
nol serta mengubah ke dalam bentuk baku bilangan di
kehidupan sehari-hari maupun dalam ilmu pengetahuan.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
·
Guru menyampaikan kegunaan memahami bilangan berpangkat dan akar
bilangan
·
Guru membagi kelompok heterogen, serta
meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
· Mencermati
bentuk bilangan berpangkat dan akar bilangan dalam masalah sehari- hari atau
situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep.
· Mencermati
bilangan bulat yang eksponennya positif, negatif, dan nol serta mengubah ke dalam
bentuk baku bilangan
Menanya
· Guru memotivasi,
mendorong kreatifitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan
menantang untuk didalami misal: bagaimana kebiasaan manusia menggunakan bilangan besar
atau kecil yang penulisannya dapat disederhanakan menjadi bilangan berpangkat
· Membahas dan diskusi
mempertanyakan berbagai bentuk bilangan berpangkat positif, negatif, dan nol serta akar bilangan, misal: apa kelebihan dan
manfaat mengubah masalah sehari-hari berkaitan bilangan berpangkat
Mengekplorasi
§
Membahas,
menjelaskan pengertian bilangan bulat yang eksponennya positif,
negatif, dan nol serta mengubah ke dalam bentuk baku bilangan.
§
Membahas,
menjelaskan, dan mendeskripsikan melalui contoh bilangan
bulat yang eksponennya positif, negatif, dan nol serta mengubah ke dalam
bentuk baku bilangan.
§
Menggali
informasi tentang masalah sehari-hari yang dapat dinyatakan dalam
bentuk bilangan bulat yang eksponennya positif, negatif, dan nol serta
mengubah ke dalam bentuk baku bilangan.
Mengasosiasi
§
Menyelidiki,
menganalisis dan membedakan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau
fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan bilangan
yang eksponennya positif, negatif, dan nol serta mengubah ke dalam bentuk
baku bilangan.
Mengomunikasikan
§
Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok
§
Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
65 menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal
mengenai
bilangan yang eksponennya positif,
negatif, dan nol serta mengubah ke dalam bentuk baku bilangan. (Latihan 1 halaman 9).
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10
menit
|
Pertemuan
Kedua
|
||
Pendahuluan
|
·
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai bilangan berpangkat pecahan.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
·
Guru menyampaikan kegunaan memahami bilangan berpangkat pecahan
serta operasi bilangan berpangkat negatif
pecahan
·
Guru membagi kelompok heterogen serta
meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencermati bentuk bilangan berpangkat pecahan dalam masalah
sehari- hari atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep.
·
Mencermati operasi bilangan berpangkat negatif dan
pecahan. Seperti operasi perkalian, pembagian, pemangkatan.
Menanya
· Membahas dan diskusi
mempertanyakan berbagai bentuk bilangan berpangkat pecahan serta operasi bilangan berpangkat negatif dan pecahan: apa kelebihan dan manfaat mengubah masalah sehari-hari
berkaitan dengan
bentuk bilangan berpangkat pecahan, bagaimana menggunakan sifat – sifat operasi bilangan berpangkat negatif dan pecahan?
Mengekplorasi
§
Menggali
informasi tentang masalah sehari-hari yang dapat dinyatakan melalui bentuk
bilangan berpangkat pecahan.
§
Membaca dan menjelaskan penggunaan operasi bilangan berpangkat negatif dan pecahan.
Mengasosiasi
§
Menyelidiki,
menganalisis dan membedakan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau
fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan bilangan
berpangkat dan akar bilangan.
Mengomunikasikan
·
Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami,
keterampilan operasi bilangan berpangkat negatif dan pecahan yang
dikuasai, contoh masalah yang diselesaikan dengan bahasa yang jelas,
sederhana, dan sistematis
·
Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
·
Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
105
menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal
mengenai bilangan
berpangkat pecahan serta operasi
bilangan berpangkat negatif dan pecahan (Latihan halaman 11, 16, dan 20 – 21).
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10
menit
|
Pertemuan
Ketiga
|
||
Pendahuluan
|
·
Guru memberikan gambaran tentang adanya
hubungan akar
bilangan dengan pangkat pecahan.
·
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
·
Guru menyampaikan kegunaan memahami hubungan
akar bilangan dengan pangkat
pecahan.
·
Guru membagi kelompok heterogen serta meminta
siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencermati pengertian dan bentuk dari akar bilangan
·
Mencermati hubungan akar bilangan dengan pangkat
pecahan.
Menanya
· Guru memotivasi,
mendorong kreatifitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan
menantang untuk didalami misal: bagaimana hubungan akar bilangan dengan pangkat
pecahan dan sebaliknya?
Mengekplorasi
§
Membahas,
menjelaskan, deskripsi konsep dari akar
bilangan
§
Membahas,
menjelaskan, dan mendeskripsikan berbagai bentuk akar bilangan melalui contoh hubungan
akar bilangan dengan pangkat pecahan.
Mengasosiasi
§
Menganalisis
akar bilangan dan hubungan
akar bilangan dengan pangkat pecahan.
Mengomunikasikan
§
Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok
§
Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
65
menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal
mengenai akar
bilangan dan hubungan akar bilangan dengan pangkat pecahan. (Latihan halaman 23).
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10
menit
|
Pertemuan
Keempat
|
||
Pendahuluan
|
·
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai operasi akar bilangan.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
·
Guru menyampaikan kegunaan memahami materi operasi akar bilangan.
·
Guru membagi kelompok heterogen serta
meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencermati penyederhanaan akar bilangan rasional.
·
Mencermati operasi akar bilangan yang meliputi perkalian
dan pembagian akar bilangan, penjumlahan dan pengurangan akar bilangan, perkalian
dan pemangkatan akar bilangan suku dua.
Menanya
· Menanya tentang prose bagaimana menyederhanakan akar
bilangan rasional.
· Menanya tentang proses operasi akar bilangan yang
meliputi perkalian dan pembagian akar bilangan, penjumlahan dan pengurangan
akar bilangan, perkalian dan pemangkatan akar bilangan suku dua.
Mengekplorasi
§
Membahas,
menjelaskan, dan mendeskripsikan melalui contoh menyederhanakan akar
bilangan rasional.
§
Membahas,
menjelaskan, dan mendeskripsikan proses operasi
akar bilangan yang meliputi perkalian dan pembagian akar bilangan,
penjumlahan dan pengurangan akar bilangan, perkalian dan pemangkatan akar
bilangan suku dua.
Mengasosiasi
§
Menganalisis tentang menyederhanakan akar bilangan
rasional.
§
Menganalisis proses
operasi akar bilangan yang meliputi perkalian dan pembagian akar
bilangan, penjumlahan dan pengurangan akar bilangan, perkalian dan
pemangkatan akar bilangan suku dua.
Mengomunikasikan
·
Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, penyederhanakan
akar bilangan rasional dan operasi akar bilangan.
·
Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
·
Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
105
menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal mengenai
penyederhanakan akar bilangan rasional dan operasi
akar bilangan (Latihan halaman 26, 27 dan 30).
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10
menit
|
Pertemuan
Kelima
|
||
Pendahuluan
|
·
Guru memberikan gambaran tentang pentingnya
memahami tentang
merasionalkan bentuk akar kuadrat.
·
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan
masalah.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
·
Guru menyampaikan kegunaan memahami tentang merasionalkan bentuk
akar kuadrat.
·
Guru membagi kelompok heterogen serta
meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencermati cara merasionalkan bentuk akar kuadrat yang
meliputi bentuk
Menanya
· Menanya tentang cara
merasionalkan bentuk akar kuadrat. Misal: bagaimana merasionalkan bentuk akar
kuadrat yang lebih rumit atau bagaimana kita bisa tahu langkah demi langkah dalam merasionalkan bentuk
akar kuadrat.
Mengekplorasi
§
Membahas,
menjelaskan, deskripsi konsep dalam merasionalkan bentuk akar kuadrat.
§
Membahas,
menjelaskan, dan mendeskripsikan melalui contoh tentang
merasionalkan bentuk akar kuadrat.
Mengasosiasi
·
Menganalisis bagaimana cara merasionalkan bentuk
akar kuadrat yang meliputi bentuk
Mengomunikasikan
§
Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok
§
Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
65
menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal tentang merasionalkan bentuk
akar kuadrat (Latihan halaman 34)
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10
menit
|
Pertemuan
Keenam
|
||
Pendahuluan
|
·
Guru memberikan gambaran tentang pentingnya
memahami tentang
menyederhanakan bentuk
·
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan
masalah.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
·
Guru menyampaikan kegunaan memahami tentang menyederhanakan
bentuk
·
Guru membagi kelompok heterogen serta
meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencermati cara menyederhanakan bentuk
·
Mencermati
penerapan bilangan berpangkat dan akar bilangan.
Menanya
·
Menanya tentang cara merasionalkan bentuk akar kuadrat. Misal:
bagaimana menyederhanakan bentuk
·
Menanyakan bagaimana penerapan
bilangan berpangkat dan akar bilangan untuk penyelesaian masalah sederhana
dalam matematika atau ilmu pengetahuan.
Mengekplorasi
§
Membahas,
menjelaskan, deskripsi konsep dalam menyederhanakan bentuk
§
Membahas,
menjelaskan, dan mendeskripsikan melalui contoh penerapan
bilangan berpangkat dan akar bilangan untuk penyelesaian masalah.
Mengasosiasi
·
Menganalisis cara menyederhanakan bentuk
·
Menganalisis penerapan bilangan berpangkat dan akar bilangan untuk penyelesaian
masalah
Mengomunikasikan
§
Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok
§
Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
65 menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal tentang menyederhanakan
bentuk
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10 menit
|
H.
Penilaian
· Penilaian dilakukan selama kegiatan
pembelajaran yaitu Penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
· Instrumen penilaian Sikap,
pengetahuan, dan keterampilan terlampir.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran yang dilakukan .
b. Bekerjasama dalam
kegiatan kelompok.
c. Toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
d. Peduli dalam kegiatan
pembelajaran
e. Disiplin selama proses
pembelajaran
f. Jujur dalam menjawab
permasalahan yang diberikan
g. Tanggung jawab dalam
menyelesaikan tugas
|
Observasi
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
Menyelesaikan
soal yang relevan
|
Penugasan
|
Penyelesaian
kelompok
|
3.
|
Keterampilan
Terampil menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan bilangan bulat
|
Portofolio
|
Penyelesaian
kelompok
|
I.
Instrumen
Penilaian hasil Belajar
1.
Penilaian
Sikap : Observasi
2.
Penilaian
Pengetahuan : Penugasan
3.
Penilaian
Ketrampilan : Portofolio
1. LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Penilaian Observasi
Satuan Pendidikan :
MTsN Alue Lhok
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : IX / 1
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Waktu Pengamatan : Pada saat Pelaksanaan
pembelajaran.
Kompetensi dasar : 2.1. Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten,
Sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam
Perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan
Strategi menyelesaikan
masalah.
Indikator :
1. Aktif
2. Kerjasama
3. Toleran
Rubrik:
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
1.
Kurang baik jika menunjukkan
sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.
Cukup
jika menunjukkan ada sedikit usaha
ambil bagian dalam pembelajaran tetapi
belum ajeg/konsisten
3.
Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha ambil bagian dalam
pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
4.
Sangat baik jika menunjukkan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan
tugas kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.
Kurang baik jika sama
sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.
Cukup jika menunjukkan ada sedikit
usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.
Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok
tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4.
Sangat baik jika menunjukkan
adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok
secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator
sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.
Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
2.
Cukup
jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bersikap toleran terhadap
proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum
ajeg/konsisten
3.
Baik jika
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
4.
Sangat baik jika menunjukkansudah
ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda
dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan
tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
no
|
Nama siswa
|
Sikap
|
|||||||||||||||||||||||||||
Tanggung
Jawab
|
Jujur
|
Peduli
|
Kerja sama
|
santun
|
Percaya
diri
|
disiplin
|
|||||||||||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
K :
Kurang
C : Cukup
B : Baik
SB : Baik Sekali
2.
LEMBAR PENGAMATAN PENGETAHUAN
Penugasan
Satuan
Pendidikan : MTsN Alue Lhok
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas : IX
Kompetensi dasar : 3.1
Memahami sifat – sifat bilangan
berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan
3.2 Memahami operasi aljabar yang melibatkan
bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
3.3 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari
berbagai permasalahan nyata
· Selesaikan
soal-soal Uji Kompetensi Bab 1 Bilangan Berpangkat
dan Akar Bilangan halaman 40 – 42.
Rubrik Penilaian
No.
|
Kriteria
|
Kelompok
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip matematika
|
||||
2
|
Ketepatan memilih bahan
|
||||
3
|
Kreativitas
|
||||
4
|
Ketepatan
waktu pengumpulan tugas
|
||||
5
|
Kerapihan hasil
|
||||
Jumlah skor
|
Keterangan:4
= sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup baik, 1 = kurang baik
Nilai Perolehan =
Mengetahui , Alue Lhok, 2016
Kepala
MTsN Alue lhok Guru Mata Pelajaran matematika
( Drs. Muhammad Yunus. M. Pd) ( Herawati. S.Pd )
NIP. 196512311997031062 NIP.197904122005012003
0 komentar:
Posting Komentar